3 KECAMATAN JADI PRIORITAS PENANGANAN COVID-19 DI KABUPATEN JEMBER

3 KECAMATAN JADI PRIORITAS PENANGANAN COVID-19 DI KABUPATEN JEMBER

3 KECAMATAN JADI PRIORITAS PENANGANAN COVID-19 DI KABUPATEN JEMBER

Di masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus 2021, Kabupaten Jember turun ke level 3. Meski demikian, angka pertambahan kasus Covid-19 di 3 kecamatan wilayah Jember kota masih tinggi, mencakup Sumbersari, Kaliwates, dan Patrang. Hal itu disampaikan Bupati Jember, Hendy Siswanto dalam rapat koordinasi bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) wilayah kota di Pendapa Wahyawibawagraha, Selasa (3/8/2021).

Hendy menjelaskan, saat ini Satgas Covid-19 Kabupaten Jember mengumpulkan tim khusus di 3 kecamatan tersebut. Mengingat, andilnya dalam angka pertambahan kasus Covid-19 di Jember mencapai 53,4 persen. Ia menilai, jika penyebaran Covid-19 di 3 Kecamatan itu ditekan, maka pihaknya optimis kasus baru di Kabupaten Jember akan turun secara signifikan.

Dengan status Kabupaten Jember yang berada level 3, maka tempat ibadah sudah bisa kembali buka. Meski demikian, Hendy menyampaikan, Forkopimda dan Satgas Covid-19 Kabupaten Jember akan terus memperketat penegakan aturan selama pandemi agar bisa turun ke level 2. Sehingga, sektor ekonomi bisa kembali bergerak saat kondisi dirasa kondusif.

Hendy menambahkan, saat ini 75 persen penanganan Covid-19 di Jember fokus di hilir. Artinya, penanganan difokuskan pada pasien, seperti menyiapkan bed capacity, memenuhi kebutuhan oksigen, termasuk penyediaan tempat isolasi terpadu. Pihaknya ingin penanganan juga dilakukan di hulu, dengan gencar melakukan tracing. Sejauh ini, target per hari mencapai 3.531 orang untuk menjalani swab antigen.

Selain itu, warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) juga diberi bantuan kebutuhan pokok. Serta dilakukan pengecekan kelayakan tempat tinggal yang digunakan isoman. Jika tempat tinggal pasien isoman tersebut diniali tidak layak, maka pihaknya akan memindahkan ke tempat isolasi terpadu. Selain itu, penanganan Covid-19 di tingkat RT/RW atau PPKM mikro juga penting dilakukan.

Sementara itu, Camat Kaliwates, Bambang Saputro, mengatakan sebanyak 192 warganya saat ini menjalani isoman. Kecamatan Kaliwates merupakan salah satu wilayah yang memiliki penduduk terbanyak di Jember. Sehingga pihaknya bersama satgas Covid-19 tingkat Kecamatan terus berupaya melakukan pencegahan dan penanganan.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B