3 KOMUNITAS DI JEMBER BERKOLABORASI BANTU DISTRIBUSIKAN MAKANAN SIAP SAJU UNTUK WARGA ISOMAN

3 KOMUNITAS DI JEMBER BERKOLABORASI BANTU DISTRIBUSIKAN MAKANAN SIAP SAJU UNTUK WARGA ISOMAN

3 KOMUNITAS DI JEMBER BERKOLABORASI BANTU DISTRIBUSIKAN MAKANAN SIAP SAJU UNTUK WARGA ISOMAN

3 Komunitas relawan yang terdiri dari Jember Driver Community, Jember Bergerak, dan Grebek Sedekah membuat program kolaboratif. Program yang dinamai “Peduli Warga Isoman” itu membagikan makanan siap saji secara gratis dan langsung diantar ke rumah warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Meski baru berjalan kurang dari seminggu, setidaknya sudah ada 77 warga isoman di wilayah Jember kota yang menjadi target kegiatan sosial ini.

Menurut salah satu relawan, Ayoen, pihaknya memang fokus menyalurkan makanan siap saji. Karena jika diberi bahan mentah, khawatir para pasien tersebut belum dalam kondisi sehat, sehingga tidak dapat mengolahnya. Pendistribusian makanan dilakukan setiap menjelang siang dan sore hari. Warga isoman yang membutuhkan bantuan, bisa langsung menghubungi relawan via WhatsApp.

Sejauh ini, Ayoen menyampaikan, kegiatan dilakukan secara swadaya oleh relawan dari 3 komunitas. Ia berharap, kegiatan ini bisa menjadi inisiator untuk menggerakan masyarakat maupun pemerintah daerah agar terus membantu warga isoman. Pihaknya sangat terbuka bagi masyarakat yang ingin mendukung kegiatan ini, sekecil apapun bentuknya.

Keberhasilan kegiatan ini juga telah mengundang respon positif dari Polres Jember yang turut menyumbangkan bantuan bahan pokok berupa beras. Seluruh relawan juga membantu penyediaan stok makanan, mendata warga yang isoman, dan terus mempromosikan kegiatan ini. Ayoen mengaku, setiap hari data warga yang masuk terus bertambah, sehingga distribusi harus dilakukan lebih ketat.

Meski demikian, Ayoen mengatakan pihaknya mengalami beberapa kendala dalam pelaksanannya. Salah satunya yakni tidak semua relawan punya waktu memasak yang cukup dan diperlukan koordinasi yang baik. Selain itu, para driver yang bertugas mengantar makanan juga memiliki pekerjaan utama, sehingga terkadang ada kemoloran waktu pendistribusian. Tapi di satu sisi pihaknya merasa senang saat permintaan terus bertambah. Karena hal itu menandakan masyarakat mau terbuka saat menjalani isoman, daripada tidak jujur dan tetap beraktivitas seperti biasa.(ian)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B