BUPATI JEMBER BERI PENGHARGAAN ADIWIYATA KABUPATEN PADA 4 SEKOLAH

BUPATI JEMBER BERI PENGHARGAAN ADIWIYATA KABUPATEN PADA 4 SEKOLAH

BUPATI JEMBER BERI PENGHARGAAN ADIWIYATA KABUPATEN PADA 4 SEKOLAH

Bupati Jember, Hendy Siswanto, Selasa (3/8/2021) memberikan penghargaan Adiwiyata Kabupaten kepada 4 sekolah di Jember. 4 sekolah tersebut yakni SMPN 1 Kencong, SMPN 1 Balung, MTs Baitul Hikmah Tempurejo dan SMPN 1 Sumberbaru. Penghargaan Adiwiyata diberikan bagi sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan PBLHS (peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah). Yaitu aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Hendy mengatakan, keempat sekolah tersebut dinilai asri dan berhasil menjalankan program ramah lingkungan. Pemerian penghargaan ini diharapkan memacu seluruh sekolah di Kabupaten Jember bisa mengikuti hal yang sama, yakni menciptakan lingkungan sekolah yang hijau dan asri. Pihaknya juga memproyeksikan sekolah-sekolah yang mendapatkan predikat Adiwiyata Kabupaten agar bisa mengikuti lomba sekolah Adiwiyata tingkat nasional.

Selain menjadikan lingkungan yang asri, menurut Hendy, sekolah Adiwiyata juga mengajarkan siswa sebagai pemuda Jember untuk mencintai lingkungan. Diharapkan dapat meningkatkan minat pemuda di Jember dalam sektor pertanian, karena di sekolah-sekolah Adiwiyata juga diajarkan dasar ilmu untuk bercocok tanam.

Penghargaan Adiwiyata Kabupaten diserahkan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Jember, Hendy Siswanto - Muhammad Balya Firjaun Barlaman, kepada perwakilan sekolah masing-masing di Pendopo Wahyawibagraha. Acara itu juga dihadiri oleh Ketua Komisi C DPRD Jember dan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Eko Heru Sunarso.

Eko menilai, SMPN 1 Kencong layak ikut lomba Adiwiyata tingkat nasional. Saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pendampingan secara optimal untuk membimbing sekolah-sekolah ke lomba Adiwiyata tingkat Provinsi.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B