DINAS TPHP KABUPATEN JEMBER PASTIKAN STOK PUPUK BERSUBSIDI AMAN

DINAS TPHP KABUPATEN JEMBER PASTIKAN STOK PUPUK BERSUBSIDI AMAN

DINAS TPHP KABUPATEN JEMBER PASTIKAN STOK PUPUK BERSUBSIDI AMAN

Ketersediaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Jember saat ini dipastikan cukup dan aman. Stok pupuk subsidi jenis urea yang beberapa waktu lalu diajukan oleh Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura Dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Jember, kini telah didapat. Hal ini disampaikan Kepala Dinas TPHP Jember, Imam Sudarmaji kepada K Radio.

Imam menjelaskan, pihaknya terus berupaya memenuhi kebutuhan pupuk subdisi untuk para petani di Kabupaten Jember. Namun, ia mengakui ketersediaan stok pupuk subsidi ini kurang diimbangi dengan proses pendistribusian kepada para petani. Berdasarkan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), pendistribusian masih belum merata. Para petani lebih memilih menggunakan Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Tanda Pengenal (KTP) untuk mengambil pupuk, daripada memanfaatkan kartu tani.

Terkait penggunaan pupuk kimia sendiri, Imam mengatakan bahwa ke depan para petani harus lebih bisa memahami kondisi tanah. Mengingat unsur hara yang semakin minim, yakni sebesar 2%. Para petani khususnya di Jember diharapkan segera melakukan proses pemupukan berimbang, agar penggunaan pupuk kimia bisa ditekan. Langkah yang dilakukan pihaknya yakni mulai mengembalikan proses penggunaan pupuk organik dan pestisida agen hayati demi menjaga keseimbangan lingkungan.(apr)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B