DINKES JEMBER TARGETKAN VAKSINASI BOOSTER UNTUK NAKES RAMPUNG PADA SEPTEMBER 2021

DINKES JEMBER TARGETKAN VAKSINASI BOOSTER UNTUK NAKES RAMPUNG PADA SEPTEMBER 2021

DINKES JEMBER TARGETKAN VAKSINASI BOOSTER UNTUK NAKES RAMPUNG PADA SEPTEMBER 2021

Pemerintah terus menggencarkan vaksinasi booster (tahap 3) untuk para tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia. Mengutip laman covid19.go.id pada Jumat (27/8/2021), berdasarkan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI), vaksin moderna untuk tahap ke-3 bagi para nakes akan diberikan minimal 3 bulan setelah dosis kedua.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Dwi Handarisasi kepada K Radio mengungkapkan, nakes di Jember yang telah melakukan vaksinasi tahap 3 baru mencapai 39,39 persen. Ia mengakui, jumlah itu memang masih sangat kecil. Namun diharapkan seluruh nakes di Jember rampung divaksin booster pada September ini.

Dwi melanjutkan, dari hasil kajian, vaksin moderna memang berpotensi menimbulkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Tapi sisi positifnya, memiliki daya tahan lebih bagus terhadap virus. Faktor inilah yang membuat pelaksanaannya tidak bisa dilakukan secara cepat. Pihaknya tetap mengupayakan untuk mengatur secara bertahap, karena dikhawatirkan munculnya KIPI tersebut bisa berujung pada berkurangnya fasyankes yang beroperasi.

Dwi menambahkan, pihaknya juga melakukan percepatan vaksinasi dengan target usia 12 hingga 17 tahun. Mengingat saat ini pembelajaran tatap muka terbatas mulai digelar di Jember. Sejauh ini, pihaknya mulai menyasar pondok pesantren. Namun pihaknya belum bisa merinci total jumlah santri yang telah divaksin sampai saat ini, dikarenakan ada kendala dari aplikasi yang digunakan. Seringkali ditemukan perbedaan jumlah antara pendataan secara manual dengan data digital.(ian)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B