DISHUB JEMBER: JELANG RAMADAN 2022, KONDISI LALU LINTAS DI WILAYAH KOTA SUDAH IDEAL

DISHUB JEMBER: JELANG RAMADAN 2022, KONDISI LALU LINTAS DI WILAYAH KOTA SUDAH IDEAL

DISHUB JEMBER: JELANG RAMADAN 2022, KONDISI LALU LINTAS DI WILAYAH KOTA SUDAH IDEAL

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jember telah meninjau beberapa lokasi yang berpotensi padat menjelang Ramadan 2022. Terutama lokasi yang berpotensi terjadi penumpukan kegiatan di bulan puasa, seperti pasar dan tempat perbelanjaan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Jember, Dian Eka, pada Senin (21/3/2022), menjelaskan ada beberapa ruas jalan yang dimungkinkan terjadi tumpukan kegiatan. Antara lain jalan Trunojoyo, Diponegoro, Untung Suropati, Samanhudi, dan KH. Siddiq yang berada di satu kawasan. Pihaknya juga melakukan pemantauan di jalan Sultan Agung, Gatot Subroto dan RA Kartini. Ruas jalan di wilayah kota tersebut saling berkaitan, sehingga perlu dipantau secara menyeluruh.

Dian melanjutkan, selama bulan puasa hingga menjelang lebaran, aktivitas di pusat perbelanjaan diprediksi akan meningkat. Terlebih di tengah longgarnya aturan PPKM saat ini, terdapat penyesuaian di kawasan yang punya potensi tumpukan kegiatan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember untuk menentukan jam operasi pasar. Selain itu, akan dilakukan penataan beberapa area parkir di kawasan pertokoan, salah satunya Johar Plaza. Tujuannya untuk mengantisipasi melubernya kendaraan ke badan jalan yang berpotensi menyebabkan kemacetan.

Terkait kondisi lalu lintas yang saat ini diterapkan, menurut Dian sudah ideal untuk masa Ramadan dan Idul Fitri. Perubahan yang ada merupakan penyesuaian lalu lintas di masa Ramadan tahun lalu. Namun, kondisi lalu lintas yang dinamis dan kembali ramainya aktivitas masyarakat, tidak menutup kemungkinan akan ada pengalihan arus lalu lintas. Sehingga, pihaknya bersama Satlantas Polres Jember sudah berkoordinasi mengantisipasi kenaikan volume lalu lintas tersebut dengan menyiagakan personel tambahan.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B