KOLABORASI PENYULUH AGAMA, KB DAN KESEHATAN JADI STRATEGI TURUNKAN STUNTING DI JEMBER

KOLABORASI PENYULUH AGAMA, KB DAN KESEHATAN JADI STRATEGI TURUNKAN STUNTING DI JEMBER

KOLABORASI PENYULUH AGAMA, KB DAN KESEHATAN JADI STRATEGI TURUNKAN STUNTING DI JEMBER

Program sosialisasi dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKB, Nur Yasin masih berlanjut di Jember. Pada Sabtu (28/8/2021), ada 2 lokasi yang dituju, yakni di Dusun Sumber Ketangi, Kecamatan Bangsalsari dan Desa Serut, Kecamatan Panti.

Antusiasme masyarakat yang mengikuti sosialisasi seputar Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana) sangat baik. Dari pantauan K Radio di lokasi, para peserta yang hadir dalam sosialisasi aktif bertanya. Plt Kepala DP3AKB Jember, Suprihandoko juga membenarkan hal tersebut.

Menurut Suprihandoko, sosialisasi semacam ini sangat minim. Padahal masyarakat sangat antusias untuk mendapatkan ilmu baru. Sehingga ia berharap, program tersebut dapat memberikan manfaat dan mengubah kebiasaan masyarakat. Terutama bagi remaja, bisa benar-benar menyiapkan kehidupan berkeluarga dengan ilmu pengetahuan yang cukup.

Suprihandoko melanjutkan, pihaknya juga bersinergi dengan Kementerian Agama Kabupaten Jember melalui penyuluh agama yang ada di Kecamatan, penyuluh KB dan penyuluh kesehatan untuk memberikan pembekalan tentang persiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Sehingga stunting bisa dicegah dari keluarga-keluarga baru. Selain itu, untuk  menurunkan kasus pernikahan dini, butuh dukungan dan peran dari semua pihak, termasuk masyarakat.

Dalam sosialisasi di Desa Serut ini, Nur Yasin juga mengundang tokoh agama dan masyarakat setempat. Dengan harapan, mereka bisa meneruskan ilmu-ilmu yang didapat kepada masyarakat dalam forum-forum yang dipimpin. Ia juga mengapresiasi antusiasme masyarakat dan peserta yang hadir dalam program sosialisasi ini.

Selain itu, sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah di masa pandemi, Nur Yasin juga mencanangkan vaksinasi untuk masyarakat Jember dalam waktu dekat. Program vaksinasi ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian herd immunity.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B