KPU JEMBER BAGI TIPS MENJADI PEMILIH CERDAS DALAM PEMILU 2024

KPU JEMBER BAGI TIPS MENJADI PEMILIH CERDAS DALAM PEMILU 2024

KPU JEMBER BAGI TIPS MENJADI PEMILIH CERDAS DALAM PEMILU 2024

Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember membagikan tips cerdas bagi pemilih pemula dalam pemilu. Pemilih pemula adalah warga negara Indonesia yang baru pertama kali menggunakan hak pilih dalam pemilu.

Komisioner KPU Jember, Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, Andi Wasis, Selasa (21/2/23) mengatakan, ada beberapa tips bagi pemilih pemula dalam pemilu.

Pertama pemilih pemula harus mempelajari rekam jejak dari para calon, baik Presiden, DPRI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD.

Kedua, untuk menjadi pemilih pemula yang cerdas tidak boleh mudah terpengaruh oleh isu-isu SARA, berita hoax, dan tidak terpengaruh money politik yang diberikan oleh calon.

Andi menambahkan, KPU juga telah melakukan strategi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. Salah satunya melalui sosialisasi langsung ke beberapa segmentasi pemilih seperti, marginal, disabilitas, pemilih pemula, komunitas, dan lain-lain. Termasuk juga sosialisasi daring melalui media, Televisi, FB, Twitter, YouTube, dan lain-lain.

Ia mengakui menemukan sejumlah tantangan saat melakukan sosialisasi, karena masih ada masyarakat yang kurang tertarik terhadap pemilu. Sehingga mereka apatis dan tidak menggunakan hak suaranya saat pemilu atau memilih untuk golput. Untuk itu KPU Jember gencar memberikan sisialisasi dan edukasi terkait Pemilu.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B