MASYARAKAT UMUM BISA MANFAATKAN GERAI PELAYANAN VAKSINASI DI MALL JEMBER HINGGA AKHIR JUNI

MASYARAKAT UMUM BISA MANFAATKAN GERAI PELAYANAN VAKSINASI DI MALL JEMBER HINGGA AKHIR JUNI

MASYARAKAT UMUM BISA MANFAATKAN GERAI PELAYANAN VAKSINASI DI MALL JEMBER HINGGA AKHIR JUNI

Gerai pelayanan vaksinasi di Atrium Lippo Plaza Jember yang diresmikan Bupati Jember, Hendy Siswanto pada Kamis (17/6/2021) lalu, masih terus beroperasi hingga 30 Juni mendatang. Layanan vaksinasi ini diprioritaskan bagi 4 sasaran, yakni lansia, pra lansia, pelayan publik dan pendidik. Namun, masyarakat umum di luar sasaran tersebut juga bisa memanfaatkan layanan vaksinasi gratis yang difasilitasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember ini.

Salah satu petugas vaksinasi, dr. Grace, Rabu (23/6/2021) mengatakan, antusias masyarakat yang datang ke gerai pelayanan vaksinasi ini masih kurang. Per hari hanya ada sekitar 100 – 125 dosis yang disuntikkan. Padahal, Dinkes Jember siap menyediakan berapapun jumlah kebutuhan vaksin untuk masyarakat Jember.

Grace tidak tahu pasti alasan kurangnya antusias masyarakat untuk divaksin. Namun, bisa jadi salah satunya dikarenakan kendala akses untuk mobilitas bagi masyarakat yang berada di daerah. Sementara untuk masyarakat yang berada di wilayah kota, kemungkinan telah banyak yang sudah divaksin. Alasan lain yang memungkinkan yakni kurang meluasnya informasi mengenai gerai pelayanan vaksinasi ini. Atau masyarakat yang masih takut untuk divaksin.

Untuk menepis kekhawatiran tersebut, Grace menyampaikan tentang pengalaman pihaknya dalam melakukan vaksinasi sejak Maret – Juni ini. Selama waktu tersebut, pihaknya belum menemukan keluhan yang berarti dari masyarakat penerima vaksin. Hanya ada keluhan-keluhan sederhana dan umum yang bisa diatasi secara cepat. Menurutnya, munculnya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) ringan merupakan hal lumrah, sebagai proses tubuh membentuk kekebalan.

Sehingga, Grace mengajak masyarakat untuk segera melakukan vaksin sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, ia juga menyarankan masyarakat agar tidak termakan berita bohong seputar vaksin. Karena ia memastikan vaksin dari pemerintah merupakan vaksin yang aman. Selain itu, ia juga berharap masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Gerai pelayanan vaksinasi ini melibatkan 6 rumah sakit pemerintah dan swasta di Jember. Setiap harinya, ada 2 rumah sakit yang berjaga mulai pukul 12.00 – 19.00 WIB. Layanan ini tidak hanya bagi masyarakat Jember, namun juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat ber-KTP luar Jember. Masyarakat cukup membawa KTP asli untuk mendapatkan vaksinasi gratis ini. Jenis vaksin yang digunakan yakni Astrazeneca yang memiliki efektivitas 70% ke atas.

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B