NAMA MUHAMMAD FAWAIT MASUK DAFTAR PELANTIKAN ANGGOTA DPRD PROVINSI, WARGA MENGADU KE BAWASLU

NAMA MUHAMMAD FAWAIT MASUK DAFTAR PELANTIKAN ANGGOTA DPRD PROVINSI, WARGA MENGADU KE BAWASLU

NAMA MUHAMMAD FAWAIT MASUK DAFTAR PELANTIKAN ANGGOTA DPRD PROVINSI, WARGA MENGADU KE BAWASLU

Seorang warga Jember Achmad Chairul Farid mendatangi kantor Bawaslu Jember, Senin (2/9/24) siang. Farid mengadukan bakal calon kepala daerah (Bacakada) Muhammad Fawait yang namanya masih terdaftar dalam pelantikan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur pada Sabtu (31/8/24).

Farid mengatakan, sesuai undang-undang nomor 1 tahun 2015 dan undang-undang nomor 10 tahun 2016 pasal 7 ayat 2, Bacakada seharusnya tidak boleh menjabat sebagai anggota DPRD.

Fawait seharusnya mengundurkan diri sebelum pendaftaran. Namun pasca pendaftaran, 28 Agustus kemarin, Fawait justru dilantik menjadi anggota DPRD Jatim.

Menurutnya hal ini telah melanggar hukum. Dengan konsekuensi dapat didiskualifikasi dari pencalonannya atau sanksi pidana.

Sementara, Komisioner Bawaslu Wiwin Riza Kurnia menyampaikan, dalam pengawasan kemarin saat pendaftaran Bacakada, Fawait telah melampirkan surat pengunduran dirinya.

Bawaslu Jember perlu melakukan koordinasi dengan Bawaslu Provinsi. Untuk memastikan kehadiran Fawait dalam pelantikan anggota DPRD Jatim.

Selain itu, lanjut Wiwin, secara peraturan di Pasal 32 PKPU Nomor 10 tahun 2024, calon yang berstatus sebagai calon terpilih anggota DPR atau DPRD tetapi belum dilantik, harus menyerahkan surat pemberitahuan dari partai politik peserta pemilu tentang pengunduran diri sebagai calon terpilih DPR atau DPRD pada saat pendaftaran pasangan calon.

Bila surat pengunduran diri belum diserahkan saat pendaftaran, maka diserahkan paling lambat pada saat perbaikan dokumen persyaratan calon, yakni tanggal 7 September 2024.

Karena belum penetapan calon, maka sampai tanggal tersebut ditunggu surat konfirmasi dari DPRD Provinsi bahwa sudah ada balasan pengunduran diri atau keterangan dari Kemendagri.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B