OPTIMISME DI TRIWULAN 3, PERTUMBUHAN EKONOMI DI JEMBER TUMBUH POSITIF

OPTIMISME DI TRIWULAN 3, PERTUMBUHAN EKONOMI DI JEMBER TUMBUH POSITIF

OPTIMISME DI TRIWULAN 3, PERTUMBUHAN EKONOMI DI JEMBER TUMBUH POSITIF

Pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan di awal 2021. Perekonomian Indonesia triwulan 2 tahun 2021 tumbuh 7,07 persen terhadap triwulan sebelumnya. Kondisi yang sama juga terjadi di Jawa Timur. Meskipun sempat dihadapkan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun pertumbuhan ekonomi pada triwulan 1 2021 tercatat positif.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jember, Hestu Wibowo kepada K Radio mengatakan, sejumlah daerah termasuk Jember, optimistis terhadap pertumbuhan ekonomi. Meskipun data pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota belum dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), namun kondisi pertumbuhan ekonomi daerah akan bercermin pada pertumbuhan ekonomi nasional dan regional.

Hestu menyadari, pertumbuhan ekonomi sepanjang 2020 mengalami kontraksi cukup dalam, yaitu minus 2,98 persen. Dari sebelumnya pada 2019 yang tumbuh 5,51 persen. Meski demikian pada 2021, berdasarkan survei konsumen dan pelaku usaha yang dilakukan oleh Bank Indonesia menunjukkan optimisme dari kondisi perekonomian di Kabupaten Jember.

Dalam survei itu juga menurut Hestu, ada indikasi penguatan konsumsi masyarakat pada kuartal 2 ini. Dengan indeks penjualan riil sebesar 10,88 persen, dari kuartal sebelumnya yang mengalami kontraksi. Sehingga, pihaknya optimistis di triwulan 3, tren pertumbuhan ekonomi ke arah positif akan terus berlanjut.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B