ORANG TUA BIJAK, BISA KURANGI CEMAS SAAT MELEPAS ANAK SEKOLAH

ORANG TUA BIJAK, BISA KURANGI CEMAS SAAT  MELEPAS ANAK SEKOLAH

ORANG TUA BIJAK, BISA KURANGI CEMAS SAAT MELEPAS ANAK SEKOLAH

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan di hari pertama anak masuk sekolah. Sebagian orang tua mempersiapkan kebutuhan sekolah, seperti alat tulis, tas, sepatu dan lainnya. Disisi lain orang tua juga harus menyiapkan mental anak ketika pertama kali masuk sekolah.

Seperti Nihayatul Laily, yang berbagi pengalaman ketika menyiapakan anak sekolah. Ibu 3 anak ini cukup dibuat repot ketika tahun ajaran baru. Namun disisi lain ia bersyukur ketika anak bungsunya sudah berani bersekolah.

Sementara Nuraini kusumaningtyas, Psikolog Klinis P3LM dari universitas Muhammadiyah Jember mengatakan, orang tua memegang peranan penting saat anak masuk sekolah untuk pertama kali. Dan di setiap fase tantangannya berbeda-beda, mulai dari anak yang hendak masuk PAUD/TK, SMP dan SMA.

Ia menyarankan, agar membangun mood yang baik pada anak saat mengawali masuk sekolah. Karena hal itu menentukan kegiatan yang akan anak lakukan, serta memotivasi anak untuk senang pergi kesekolah. Selain itu juga berguna untuk membuka komunikasi anak terhadap teman dan guru di sekolah.

Menurutnya, sebagai orang tua juga harus bisa mempersiapkan diri ketika anak hendak masuk sekolah. Caranya dengan memberi kepercayaan dan tanggung jawab terhadap anak. Berkaitan dengan kegiatan yang ada disekolah, orang tua juga tidak boleh mengekang. Anak harus dilatih bisa membuat keputusan sendiri.(Ryd)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B