PASIEN TANPA GEJALA DAN GEJALA RINGAN CUKUP SELESAIKAN MASA ISOMAN TANPA PCR ULANG

PASIEN TANPA GEJALA DAN GEJALA RINGAN CUKUP SELESAIKAN MASA ISOMAN TANPA PCR ULANG

PASIEN TANPA GEJALA DAN GEJALA RINGAN CUKUP SELESAIKAN MASA ISOMAN TANPA PCR ULANG

Masyarakat yang positif Covid-19 tanpa gejala, bisa menyelesaikan masa isolasi mandiri (isoman) tanpa harus melakukan tes PCR ulang. Termasuk juga bagi pasien Covid-19 bergejala ringan, seperti batuk, demam, pilek, kehilangan penciuman (anosmia), dengan saturasi oksigen di atas 94 persen. Hal ini disampaikan Dokter Spesialis Jantung RSD dr. Soebandi Jember, Aditha Satria Maulana.

Menurut Adit, pasien yang sudah menyelesaikan masa isoman selama 10 hari, tidak perlu melakukan PCR ulang. Hal ini didasarkan pada pedoman yang dikeluarkan oleh  WHO pada 17 juni 2020. Karena pada pasien tanpa gejala dan gejala ringan, antibodi atau kekebalan tubuh terhadap virus corona biasanya terbentuk 5–10 hari setelah terinfeksi. Ini artinya, risiko penularan dari pasien yang sudah selesai menjalani isoman selama minimal 10 hari akan sangat kecil, meskipun hasil tes PCR-nya masih positif.

Adit melanjutkan, untuk pasien dengan gejala ringan, mereka perlu melewati masa isoman selama 10 hari, ditambah 3 hari tanpa gejala. Namun pengecualian untuk pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit, kesembuhannya membutuhkan evaluasi dan penilaian tim dokter yang menangani. Jika pasien sudah memenuhi kriteria sembuh, baru bisa keluar dari isolasi dan kembali berinteraksi dengan orang lain, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sehingga menurut Adit, pasien tanpa gejala dan gejala ringan yang sudah menjalani masa isoman 10 hari di tambah 3 hari tanpa gejala, bisa kembali bekerja sekalipun hasil PCRnya masih positif. Perubahan ini dibuat karena tes PCR dengan hasil positif tidak selalu menandakan virus corona di tubuh pasien masih aktif. Bisa saja tes PCR tersebut mendeteksi virus yang sudah mati, karena sistem kekebalan tubuh sudah mampu mengendalikannya.(adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B