PEMERINTAH SEDIAKAN JALUR AFIRMASI BAGI GURU HONORER K2 DALAM SELEKSI PPPK

PEMERINTAH SEDIAKAN JALUR AFIRMASI BAGI GURU HONORER K2 DALAM SELEKSI PPPK

PEMERINTAH SEDIAKAN JALUR AFIRMASI BAGI GURU HONORER K2 DALAM SELEKSI PPPK

Kuota formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kabupaten Jember ditetapkan sebanyak 3.671 posisi. Jumlah kuota PPPK formasi guru yang ditetapkan dalam SK Menpan RB itu tidak jauh dengan jumlah yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Jember yang berjumlah 3.774 posisi.

Plt Kepala Dinas Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Jember, Sukowinarno, mengungkapkan jumlah itu sudah cukup menjawab kebutuhan guru di Jember. Meskipun tidak sesuai dengan usulan, namun selisihnya tidak jauh. Untuk jumlah pendaftar PPPK pada formasi guru mencapai 4.401 orang guru, sehingga kesempatannya cukup besar.

Antusiasme seleksi PPPK 2021 tidak hanya dari guru honorer K2 dan non kategori, tetapi juga guru-guru swasta. Sehingga nantinya persaingan yang terjadi yaitu antara guru dari sekolah negeri dan swasta. Namun menurut Suko, persaingan yang akan terjadi tidak telalu ketat. Karena jumlah kuota yang diberikan dan jumlah pendaftar, selisihnya tidak terlalu jauh.

Suko mengatakan, untuk guru honorer K2 atau guru senior akan ada skala prioritas, yakni mendapatkan jalur afirmasi dalam seleksi PPPK ini. Namun ia tidak mengetahui pelaksanaan dan prasyarat khusus yang harus dipersiapkan oleh pendaftar. Ia juga belum bisa memastikan skema ujian untuk jalur afirmasi bagi para guru honorer K2, karena rekrutmen PPPK ini langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B