PERPUSTAKAAN KELILING JEMBER DISAMBUT ANTUSIAS MASYARAKAT PELOSOK DESA

PERPUSTAKAAN KELILING JEMBER DISAMBUT ANTUSIAS MASYARAKAT PELOSOK DESA

PERPUSTAKAAN KELILING JEMBER DISAMBUT ANTUSIAS MASYARAKAT PELOSOK DESA

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember selama beberapa waktu terakhir mengintensifkan perpustakaan keliling. Ada 2 moda transportasi yang digunakan, yakni bus perpustakaan dan mobil perpustakaan keliling. Upaya itu dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan budaya literasi di masyarakat. Beberapa bulan terakhir, perpustakaan keliling menjangkau daerah-daerah pinggiran di seluruh kecamatan yang ada di Jember.

Dari pantauan K Radio dalam kunjungan ke Kecamatan Jombang, bus perpustakaan lebih banyak diminati oleh anak-anak. Mereka bisa mengambil sendiri koleksi buku dengan naik ke bus dan hal itu dianggap sebagai sesuatu yang mengasyikkan. Namun untuk daerah-daerah terpencil, hanya mobil perpustakaan dengan ukuran lebih kecil yang bisa mengakses.

Sebagai operator perpustakaan keliling, Munif sering mendapat pengalaman menarik. Seperti saat pihaknya mendatangi salah satu dusun di Desa Kemuning yang letaknya di lereng kawasan Rembangan. Anak-anak disana sangat antusias dengan keberadaan perpustakaan keliling.

Selain itu menurut Munif, perpustakaan keliling juga menjalin kerjasama dengan rumah baca yang ada di berbagai penjuru Jember. Sekitar 200 buku dipinjamkan ke rumah baca selama kurun waktu 2 bulan. Ia pun terkesan pada para peminjam, karena seluruh buku selalu kembali dalam keadaan utuh. Hal itu menandakan tingginya semangat literasi dan menghargai buku, sekalipun berada di pelosok desa.(adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B