PMI JEMBER HARAPKAN PARTISIPASI PENYINTAS COVID-19 UNTUK DONOR PLASMA KONVALESEN

PMI JEMBER HARAPKAN PARTISIPASI PENYINTAS COVID-19 UNTUK DONOR PLASMA KONVALESEN

PMI JEMBER HARAPKAN PARTISIPASI PENYINTAS COVID-19 UNTUK DONOR PLASMA KONVALESEN

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember kembali membuka pelayanan donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19. Melonjaknya angka kasus baru Covid-19 di Jember, membuat kebutuhan plasma konvalesen juga meningkat. Hal itu diungkapkan Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember, dr. Dudung Ari Rusli, Selasa (6/7/2021).

Dudung menjelaskan, 1 orang pendonor bisa menghasilkan setidaknya 2 kantong plasma konvalesen yang masing-masing berisi 200 cc. Hal tersebut tergantung pada berat badan dari pendonor dan proses pengambilannya. Bahkan, ada juga seorang pendonor yang bisa diambil plasma konvalesennya sampai 600 cc atau setara 3 kantong. Proses pengambilan plasma konvalesen tersebut biasanya berlangsung selama 40 menit.

Saat ini, PMI Jember sudah memiliki alat apheresis yang berfungsi memisahkan antara sel darah merah, sel darah putih, trombosit, dan plasma konvalesen. Selain itu, Dudung menambahkan, UDD PMI Jember juga punya alat khusus untuk menyimpan plasma konvalesen yang bisa bertahan hingga satu tahun. 

Dudung berharap, para penyintas Covid-19 mau donor plasma konvalesen. Masyarakat bisa langsung datang ke Gedung UDD PMI Jember di Jalan Srikoyo, Kecamatan Patrang. Pelayanan donor plasma konvalesen dibuka setiap hari, mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B