RPH KALIWATES ALAMI PENINGKATAN JUMLAH PENERIMAAN HEWAN KURBAN

RPH KALIWATES ALAMI PENINGKATAN JUMLAH PENERIMAAN HEWAN KURBAN

RPH KALIWATES ALAMI PENINGKATAN JUMLAH PENERIMAAN HEWAN KURBAN

Rumah Potong Hewan (RPH) Kaliwates mencatat peningkatan penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha 1442 Hijiriah. Di tahun ini, RPH Kaliwates menerima penyembelihan sebanyak 125 ekor sapi dan 10 ekor domba. Sementara pada idul Adha tahun lalu, pihaknya melakukan penyembelihan sebanyak 25 ekor sapi dan 100 ekor domba.

Menurut pengelola RPH Kaliwates, Purwoto, Selasa (20/7/2021), peningkatan itu dipengaruhi oleh imbauan pemerintah untuk melakukan penyembelihan hewan kurban di RPH di masa PPKM Darurat. Sementara jika di luar waktu Idul Adha, Purwoto mengaku selama masa pandemi Covid-19, pemotongan hewan di tempatnya turun drastis. Hanya ada sekitar 3 – 5 ekor sapi saja yang dipotong per harinya.

Untuk memastikan kelayakan prosedur penyembelihan maupun kelayakan hewan yang disembelih di masa pandemi, pihaknya menerapkan protokol kesehatan dan sejumlah pemeriksaan pada hewan. Pihak RPH bersama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Wilayah VII Jawa Timur telah melakukan pemeriksaan ante-mortem (sebelum dipotong) untuk memastikan hewan dalam keadaan sehat. Selain itu, pihaknya juga melakukan tes post-mortem (sesudah dipotong) untuk memastikan kelayakan daging dan organ dalam hewan yang akan dikonsumsi masyarakat.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B