SEKOLAH DESA CERDAS DIRESMIKAN, BUPATI JEMBER HARAPKAN SEKDES DAPAT BANTU KELOLA KEUANGAN DESA

SEKOLAH DESA CERDAS DIRESMIKAN, BUPATI JEMBER HARAPKAN SEKDES DAPAT BANTU KELOLA KEUANGAN DESA

SEKOLAH DESA CERDAS DIRESMIKAN, BUPATI JEMBER HARAPKAN SEKDES DAPAT BANTU KELOLA KEUANGAN DESA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemasdes) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember menggagas Sekolah Desa Cerdas (SDC). Program ini diresmikan langsung oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto di Gedung Ahmad Zainuri UMJ pada Rabu (8/9/2021).

SDC berlangsung selama 3 hari, mulai 8 – 10 September 2021 secara luring dan daring yang diikuti oleh 28 Sekretaris Desa (Sekdes) dari 28 Kecamatan di Kabupaten Jember. Hendy mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para pelaksana pengelola dana di desa. Ia berharap, para Sekdes dapat membantu Kepala Desa untuk mengelola keuangan maupun merealisasikan penyerapan, ketepatan sasaran, serta perencanaan dana desa.

Hendy berkomitmen, pihaknya akan mendukung penuh kegiatan ini melalui pengadaan komputer dan pemerataan koneksi internet di wilayah blank spot. Sehingga, koordinasi secara daring dapat dilaksanakan dengan baik setiap hari. Seluruh desa serta kelurahan di Kabupaten Jember pun nantinya akan dipasang sistem integrasi agar dapat mewujudkan smart village.

Selain memberikan pelatihan bagi para Sekdes, Hendy menambahkan, pasca kegiatan ini berakhir, pihaknya akan menjalin kerja sama lain dengan Rektor UMJ. Yakni, mengikutsertakan mahasiswa UMJ untuk melakukan kegiatan belajar lanjutan bersama di seluruh desa yang ada di Jember.

Lebih lanjut, Plt Kepala Dispemasdes Jember, Adi Wijaya menjelaskan, metode pelaksanaan SDC ini beragam.Mulai dari ceramah dan diskusi, student center learning, hingga presentasi dan curah pendapat.(ian)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B