TERMOTIVASI DARI KEGAGALAN, MAHASISWI UNEJ BERHASIL WAKILI JATIM DI AJANG DUTA BAHASA NASIONAL 2021

TERMOTIVASI DARI KEGAGALAN, MAHASISWI UNEJ BERHASIL WAKILI JATIM DI AJANG DUTA BAHASA NASIONAL 2021

TERMOTIVASI DARI KEGAGALAN, MAHASISWI UNEJ BERHASIL WAKILI JATIM DI AJANG DUTA BAHASA NASIONAL 2021

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, kalimat motivasi yang akrab di telinga masyarakat Indonesia. Itulah yang juga menjadi motivasi seorang mahasiswi Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember, Naria Nur Iftitah. Ia merupakan pemenang pertama dalam ajang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur tahun 2021.

Tak berhenti disitu, Naria juga bakal mewakili Jawa Timur di tingkat nasional. Saat ditemui di studio K Radio, Selasa (21/9/2021), ia menceritakan pengalamannya mengikuti ajang serupa pada 2018 lalu. Saat itu merupakan pengalaman pertamanya mengikuti ajang pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur. Namun, karena kurangnya persiapan, ia harus terhenti di tahap 20 besar.

Naria bertekad, kegagalannya saat itu tidak membuatnya berhenti untuk mengaktualisasikan diri. Ia pun mulai mengikuti beberapa ajang yang diyakininya mampu menguatkan langkahnya untuk lebih jauh. Antara lain duta kampus, Putra/Putri Kampus, dan Duta Muda Asean. Kemudian di tahun ini, ia memutuskan kembali mengikuti pemilihan Duta Bahasa Jawa Timur 2021.

Berkat perjuangannya, Naria mampu menyisihkan ratusan peserta dan 9 finalis sampai terpilih menjadi pemenang pertama. Saat ini, ia mengemban tugas sebagai perpanjangan tangan dari Balai Bahasa Jawa Timur untuk ikut mensosialisasikan berbagai program kebahasaan. Terutama pelestarian bahasa daerah dan peningkatan literasi di masyarakat yang masih rendah. Terlihat dari banyaknya masyarakat yang tidak kritis dalam menyaring berbagai informasi. Terutama yang beredar di media sosial. Tak jarang, membuat mereka terjerumus ke dalam disinformasi bahkan hoax.

Kesibukan lain Naria adalah mempersiapkan diri di Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2021. Ia akan berkompetisi dengan perwakilan dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B