TERPILIH SEBAGAI PARLEMEN REMAJA 2021, SISWI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER WAKILI DAPIL IV JEMBER - LUMAJANG

TERPILIH SEBAGAI PARLEMEN REMAJA 2021, SISWI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER WAKILI DAPIL IV JEMBER - LUMAJANG

TERPILIH SEBAGAI PARLEMEN REMAJA 2021, SISWI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER WAKILI DAPIL IV JEMBER - LUMAJANG

Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI melalui Biro Pemberitaan Parlemen mengadakan kegiatan Parlemen Remaja tiap tahun sejak 2008. Dikutip dari parlemenremaja.dpr.go.id, kegiatan ini mengenalkan para remaja pada DPR RI sebagai Lembaga Negara yang melaksanakan fungsi politik, baik di bidang legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Meskipun pandemi masih melanda Indonesia, Parlemen Remaja tetap digelar pada tahun ini. Siswi kelas XII IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember, Amalia Lillah pun terpilih sebagai Parlemen Remaja 2021 mewakili Dapil IV Jember - Lumajang. Kepada K Radio, ia mengaku tidak menyangka atas pencapaian tersebut.

Amalia awalnya sama sekali belum mengenal kegiatan tersebut, Ia mendapat informasi dari kakaknya dan kemudian mencari tahu lebih detail mengenai Parlemen Remaja. Ia akhirnya mencoba mendaftar kegiatan tersebut via online di website Parlemen Remaja DPR RI.

Menurut Amalia, tahapan seleksi awal yang ditempuh pada 6 Agustus lalu adalah menulis essay. Ia juga harus membuat video kampanye bertema Remaja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas.

Saat pengumuman pada 24 Agustus 2021, Amalia terkejut karena terpilih sebagai Parlemen Remaja Dapil IV Jember – Lumajang. Remaja yang terpilih diikutkan pelatihan secara daring sejak 13 – 17 September 2021, termasuk dirinya. Beruntung, pihak Sekolah mendukung penuh kegiatan tersebut bahkan memberikan fasilitas yang memadai. Seperti ketersediaan perangkat dalam kegiatan secara daring, akomodasi, hingga berkoordinasi dengan DPRD untuk akses dalam kegiatan rapat maupun sidang.

Bagi Amalia, selain mendapatkan relasi baru, kegiatan tersebut membuatnya mendapatkan wawasan lebih luas tentang kegiatan yang dilakukan DPR. Ia pun senang karena dapat bertemu Ketua DPR RI Puan Maharani secara virtual. Setelah kegiatan Parlemen Remaja ini berakhir, ia juga siap membagikan wawasan tentang tugas dan fungsi DPR kepada rekan sesama siswa. Sehingga para remaja lebih peduli terhadap politik dan demokrasi.(ian)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B