TINGKATKAN PENDAPATAN, PETANI JEMBER MENDAPATKAN PELATIHAN PENGEMBANGBIAKAN KAMBING DAN DOMBA.

TINGKATKAN PENDAPATAN, PETANI JEMBER MENDAPATKAN PELATIHAN PENGEMBANGBIAKAN KAMBING DAN DOMBA.

TINGKATKAN PENDAPATAN, PETANI JEMBER MENDAPATKAN PELATIHAN PENGEMBANGBIAKAN KAMBING DAN DOMBA.

Ada berbagai cara untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Salah satunya dengan pengembangbiakan kambing dan domba. Untuk itu sejumlah pelatihan dan bimbingan teknis terhadap sektor bisnis yang terbilang cukup baru ini perlu diadakan. Seperti yang dilakukan anggota Komisi IV DPR RI , Hj Charles Meikyansyah.

Politisi Fraksi Nasdem Dapil Jember dan Lumajang ini menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan sosialisasi kegiatan kepada penyuluh pertanian, santri tani, petani milenial, dan petani kabupaten Jember. Kegiatan yang bersinergi dengan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia ini dilaksanakan Sabtu (18/9/2021) di salah satu hotel di Jember.

Bimtek ini secara khusus membahas manajemen beternak kambing, domba, serta unggas. Selain dilatih cara beternak, peserta juga mendapatkan wawasan tentang bagaimana menjadi pengusaha ternak yang sukses.

Dalam sambutannya secara daring, Hj Charles Meikyansyah mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah memberikan peluang usaha bagi petani untuk meningkatkan pendapatan selain bertani. Meski saat ini para petani belum memiliki ternak, namun diharapkan tetap mengikuti seluruh kegiatan terlebih dahulu. Untuk nantinya pihaknya akan berupaya mencari solusi agar petani bisa menjadi peternak mulai tingkat rumahan, sedang, hingga skala besar.

Kegiatan bimtek ini juga dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia di sektor pertanian, sehingga diharapkan peserta dapat langsung mempraktekkannya.

Dalam bimtek ini peserta mendapatkan pelatihan dari para ahlinya seperti, D.r., I.r., Dadik Pantaya M.Si., I.P.U. Kaprodi Manajemen Bisnis Unggas Politeknik Negeri Jember tentang pengembangan kambing dan domba, dilanjutkan dengan tips mendulang rupiah dengan beternak domba dan kambing oleh petani milenial sukses M. Ardi Wiranata S.S.T., M.T.P, terakhir sesi motivasi diberikan oleh sekretaris Dinas Peternakan Kabupaten Jember drh. Sugiarto, M.Si.

Hj Charles Meikyansah menyampaikan, pihaknya akan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi kabupaten Jember sehingga berharap kegiatan positif ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan.(ian)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B