VAKSINASI COVID-19 UNTUK IBU HAMIL MULAI TERSEDIA DI PUSKESMAS SE-JEMBER

VAKSINASI COVID-19 UNTUK IBU HAMIL MULAI TERSEDIA DI PUSKESMAS SE-JEMBER

VAKSINASI COVID-19 UNTUK IBU HAMIL MULAI TERSEDIA DI PUSKESMAS SE-JEMBER

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menggelar vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Puskesmas se-Jember. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember telah menyiapkan sebanyak 2.000 dosis vaksin Sinovac.

Plt Kepala Dinkes Jember, dr. Wiwik Supartiwi, mengatakan vaksinasi untuk ibu hamil serentak dilakukan pada Kamis (19/8/2021). Peresmiannya dilaksanakan di Puskesmas Banjarsengon, Kecamatan Patrang. Sebelumnya, pihak Dinkes Jember bersama Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obgyn) telah melakukan sosialisasi. Hal itu dilakukan agar para ibu hamil mengetahui manfaatnya dan tidak takut untuk menerima vaksinasi Covid-19.

Wiwik melanjutkan, menurut Dokter Spesialis Obgyn, penggunaan vaksin jenis Sinovac dan Astra Zeneca keduanya dipastikan aman. Namun, pihaknya tetap menyesuaikan dengan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan dengan menggunakan vaksin merek Sinovac.

Berdasarkan data yang disampaikan Wiwik, saat ini ada sebanyak 8.813 ibu hamil yang masuk dalam kriteria layak menjalani vaksinasi. Yaitu usia kehamilan trimester kedua (14 – 28 minggu) dan trimester ketiga (29 – aterm).

Wiwik menambahkan, ketersediaan vaksin Sinovac yang digunakan saat ini aman. Hingga akhir Agustus nanti, pihaknya akan terus memenuhi ketersediaan vaksin Sinovac untuk ibu hamil di Jember. Harapannya para ibu hamil tersebut yang saat ini mendapat suntikan dosis pertama, kemudian 4 minggu setelahnya bisa dilanjutkan ke dosis kedua.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B