WAJAH BARU TPA PAKUSARI: TAK LAGI KUMUH, JUSTRU JADI TEMPAT WISATA EDUKATIF

WAJAH BARU TPA PAKUSARI: TAK LAGI KUMUH, JUSTRU JADI TEMPAT WISATA EDUKATIF

WAJAH BARU TPA PAKUSARI: TAK LAGI KUMUH, JUSTRU JADI TEMPAT WISATA EDUKATIF

Stereotip tentang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, tak jauh dari gambaran kumuh, gersang, dan bau. Namun, berbeda dengan TPA Pakusari Jember. Tidak ada lagi bau menyengat ataupun pemandangan kotor dari sampah yang menggunung. Justru saat memasuki kawasan TPA Pakusari, pemandangan yang menyambut adalah pepohonan rimbun dan bukit yang dipenuhi dengan rumput taman.

Saat K Radio menemui Koordinator TPA Pakusari, R. M Masbut di kantornya pada Rabu (28/7/2021), ia menjelaskan bahwa wajah baru TPA Pakusari itu sengaja dirancang demikian. Karena tempat tersebut sedang disiapkan menjadi lokasi wisata edukatif.  Persiapannya mulai dilakukan pada 5 Juni lalu bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup.

Sebelumnya TPA Pakusari memang sempat terbengkalai dan hanya menjadi lokasi penimbunan sampah. Sehingga menurut Masbut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember ingin meningkatkan fungsi TPA. Bukan hanya jadi tempat penumpukan sampah, tapi  sebagai sarana edukakasi pengelolaan sampah. Hal itu selaras dengan amanat Undang-undang Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. Salah satunya mengatur bahwa 70% dari luas areal TPA, wajib berupa zona pasif atau tidak lagi digunakan sebagai tempat penimbunan sampah. Namun selama ini seluruh area TPA Pakusari adalah zona aktif penumpukan sampah

Masbut mengaku, tahapan penataan TPA Pakusari saat ini belum rampung. Rencananya baru pada September mendatang, lokasi wisata edukasi tersebut bisa mulai difungsikan. Dari total luas area 6,8 hektare, 2 hektare bagiannya akan dipercantik menjadi tempat wisata edukasi. Wisata edukasi yang dipersiapkan ini meliputi kafe, recycle mart atau tempat berjualan barang daur ulang, tempat pengelolaan metana, dan lokasi proses daur ulang sampah organik dan non organik.

Selain itu, Masbut menambahkan, lahan tumpukan sampah yang selama ini tidak sedap dipandang akan disulap menjadi bukit yang bisa ditanami dengan rumput dan pohon. Dilengkapi dengan gazebo dari bekas botol air mineral. Wisata edukasi ini akan dibuka untuk masyarakat umum, termasuk anak-anak sekolah yang ingin belajar tentang pengelolaan sampah bisa datang ke TPA Pakusari.(don)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B