Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

ANGGOTA DPR RI CHARLES MEIKYANSAH OPTIMIS BUPATI JEMBER BISA KEMBALIKAN KEJAYAAN PERTANIAN DAERAH

Anggota DPR RI Dapil Jatim IV Jember – Lumajang, Charles Meikyansah, Rabu (3/3/2021) menggelar bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapasitas petani dan penyuluhan pertanian di salah satu hotel Jember. Bimtek ini diberikan langsung oleh akademisi ahli di bidang pertanian dari Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang.

Dalam sambutannya secara daring, Charles menjelaskan, sebagai Anggota DPR RI dari Komisi IV yang salah satu ruang lingkup tugasnya di bidang pertanian, ia akan berupaya membuat konsep menyeluruh bagi pertanian di Jember. Pihaknya juga bekerjasama dengan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Charlespun optimis, Bupati Jember baru bisa membangun sinergi yang baik dengan wakil rakyat dari Jember di Senayan, demi kemajuan pertanian di Jember. Harapannya, pertanian di Kota Tembakau ini bisa kembali Berjaya. Baginya, pertanian Jember bisa kembali menjadi sektor yang penting melalui persatuan dan kesatuan seluruh pihak.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian untuk Masyarakat Polbangtan Malang, Wahyu Windari menyampaikan, dalam bimtek yang berlangsung 2 hari ini, ia akan menyampaikan beberapa aspek kepada peserta. Namun secara umum, fokus utamanya adalah membangun pemahaman kepada petani di Jember tentang pentingnya menggunakan pupuk organik dan pestisida nabati.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Wahyu, penggunaan pupuk kimia punya bahaya jangka panjang, terutama bagi generasi ke depan. Dalam jangka waktu pendek, penggunaan pupuk kimia tampak begitu menguntungkan untuk meningkatkan kesuburan tanaman. Tapi jika terus berlanjut, bakal tiba saatnya produktifitas pertanian nantinya menurun.

Meski demikian, Wahyu menyadari tidak mudah untuk mengubah ketergantungan petani terhadap pupuk kimia. Sehingga perlu langkah berkelanjutan untuk terus mendorong petani beralih ke pupuk organik. Sehingga dalam bimtek ini, pihaknya juga menyosialisasikan kepada petani tentang manfaat dan penggunaan pestisida nabati untuk membasmi Organisme Penggagu Tanaman (OPT).(don)

Live Stream