Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

BANJIR MULAI SURUT, WARGA SIDOMEKAR SEMBORO MULAI KEMBALI BERAKTIVITAS

Banjir yang menggenangi rumah-rumah warga Desa Sidomekar, Kecamatan Semboro, Jumat (14/1/2022) siang berangsur surut. Berdasarkan pantauan K Radio di Dusun Besuki, Desa Sidomekar, genangan air setinggi mata kaki hingga betis orang dewasa masih bertahan di beberapa jalan desa. Sedangkan di beberapa ruas jalan yang airnya sudah surut, material berupa batu dan kerikil masih berserakan. Warga secara swadaya membersihkan material sisa banjir di sekitar rumah mereka. Mereka juga mulai menjemur barang-barang dan perabotan yang sempat terendam air pada Kamis (13/1/2022) malam.

Sebelumnya, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Jember telah membantu proses evakuasi dan melakukan assessment di lokasi banjir. Menurut Kepala BPBD Jember, Sigit Akbari, banjir tersebut melanda 2 Kecamatan, yakni Semboro dan Umbulsari. Di Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari, banjir menggenangi Dusun Tegal Baru dan Karangrejo. Selain itu kawasan terparah di Dusun Besuki, Desa Sidomekar. Untuk wilayah Kecamatan Semboro merupakan banjir kiriman dari Sungai Rowo Tapen.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa banjir di 2 Kecamatan itu terjadi pasca hujan selama 4 jam dengan intensitas tinggi di wilayah Jember. Berdasarkan data TRC BPBD Jember, sekitar 2.853 jiwa dan ratusan rumah serta belasan fasilitas umum terdampak banjir.(rex)

Live Stream