Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

BAWASLU JEMBER IMBAU VERIFIKASI FAKTUAL CALON PERSEORANGAN, SELESAI TEPAT WAKTU

Tahapan proses verifikasi faktual (verfak) dukungan calon perseorangan yang beririsan dengan jadwal pemutakhiran data, membuat Bawaslu Kabupaten Jember mengimbau kepada KPU agar pelaksanaan dapat diselesaikan tepat waktu.

Anggota Bawaslu Jember Ummul Mu’minat, Rabu (3/7/24) mengatakan, pengawasan melekat oleh Bawaslu terhadap verfak dilakukan dengan dua metode.

Yakni pengawasan yang dilakukan oleh panwas secara langsung di lapangan bersama verifikator. Kemudian metode kedua, pengawasan dilakukan oleh Bawaslu dengan cara sampling.

Verifikasi faktual ini dilakukan Bawaslu untuk memastikan bahwa verifikator melakukan tugas di lapangan dengan benar. Serta mencegah terjadinya pelanggaran administrasi oleh verifikator.

Dari jumlah dukungan sebanyak 142 ribu yang diserahkan kepada KPU, setelah tahapan verifikasi administrasi, yang dinyatakan memenuhi syarat berjumlah 135 ribu. Jumlah ini melebihi batas minimal persyaratan yakni 128 ribu dukungan.

Selama pengawasan melekat yang dilakukan Bawaslu sejak 21 Juni hingga awal Juli kemarin, sekitar 10.000 data dukungan sudah dilakukan verifikasi faktual. Sehingga Bawaslu berharap agar verfak oleh KPU Jember dapat diselesaikan sesuai batas waktu yang telah ditentukan, yakni 4 Juli 2024.(thn)

Live Stream