Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

BUPATI JEMBER WACANAKAN NORMALISASI SUNGAI

Banjir yang terjadi di beberapa titik wilayah Jember beberapa waktu terakhir mendapat atensi dari Bupati Jember baru, Hendy Siswanto. Ia mewacanakan normalisasi aliran sungai yang ada di wilayah Jember. Mengingat, curah hujan di Jember cukup tinggi. Maka, perlu antisipasi dengan memaksimalkan daya tampung aliran sungai, untuk mencegah luapan air ke pemukiman.

Hendy melanjutkan, secara teknis, normalisasi tersebut dilakukan dengan cara mengeruk endapan tanah yang ada di aliran sungai. Karena sedimentasi tanah di aliran sungai yang ada di Jember cukup banyak. Selain itu, ia juga berkomitmen akan melakukan normalisasi terhadap drainase air yang ada di ruas ruas jalan. Berdasarkan pantauannya di lapangan, banyak drainase yang sudah tertutup dan inilah yang menyebabkan genangan air di beberapa ruas jalan.

Meski demikian, Hendy menambahkan, untuk mengeksekusi wacana tersebut, pihaknya tetap menunggu adanya Peraturan Daerah (Perda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jember 2021. Pihaknyapun segera mengirimkan surat Kebijakan Umum Anggaran - Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA – PPAS) ke DPRD Jember. Sehingga pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jember 2021 bisa secepatnya dilakukan.

Hendy tahu, sampai saaat ini Jember belum punya APBD. Sehingga, pihaknya sudah melakukan pembahasan  di internal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk membahas APBD 2021. Paling cepat pada Jumat (5/3/2021), pihaknya segera mengirimkan surat KUA PPAS kepada DPRD Jember.

Diberitakan sebelumnya, DPRD Jember masih menunggu pengajuan KUA – PPAS dan Rancangan APBD dari Pemkab Jember. Mengingat, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jawa Timur telah meminta Bupati Jember segera membahas APBD 2021. Meskipun pembahasan itu sudah terlambat dari batas waktunya, namun tetap harus dilakukan segera. Sehingga, persoalan APBD di Jember bisa segera diselesaikan dan anggarannya dapat digunakan untuk masyarakat.(don/nga)

Live Stream