Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

CIPTAKAN WIRAUSAHA BARU SEKALIGUS KURANGI LIMBAH SAMPAH, IBU-IBU PKK DI JEMBER DILATIH BUAT KERAJINAN DAUR ULANG

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bersama Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jember mengadakan pelatihan penumbuhan wirausaha baru kerajinan tas dengan bahan limbah plastik. Ada 62 peserta yang mengikuti pelatihan di salah satu hotel Jember pada 16 - 17 November 2022 itu.

Kepala Disperindag Jember, Bambang Saputro, kepada K Radio, Kamis (17/11/2022), mengatakan bahwa pihaknya ingin membantu mengurangi sampah plastik yang tidak terkelola. Pada pelatihan tersebut, setiap kecamatan mengirimkan perwakilan 2 kader PKK. Diharapkan nantinya mereka bisa melatih dan mengkoordinir warga di setiap kecamatan hingga desa.

Dalam kegiatan tersebut menurut Bambang, setiap peserta tidak hanya diberi pembekalan. Tapi juga tantangan untuk langsung membuat kerajinan hasil karya pertama mereka. Sehingga ketika sudah terjun melatih warga desa, para kader PKK lebih mahir. Pihaknya berkomitmen akan terus membantu para peserta hingga ke pemasaran. Ia optimistis, dengan hadirnya banyak event di Jember yang melibatkan UMKM, menjadi peluang dalam memperkenalkan dan memasarkan produknya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu peserta yang berhasil meraih juara pertama, Erwin Martiningsih dari Kalisat, menyampaikan bahwa pihaknya mendapatkan banyak hal. Salah satunya ilmu dalam mengolah limbah plastik. Selama ini ia tidak pernah terpikir untuk membuat produk dari daur ulang dan ternyata punya pangsa pasar yang cukup besar. Ia pun bertekad akan melatih para anggotanya. Ia juga berharap pelatihan serupa terus digelar, sehingga dapat membantu pengurangan limbah sampah dan menyehatkan bumi.(ibl)

Live Stream