Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

CUACA TAK MENENTU, BPBD JEMBER SIAGA BENCANA

Cuaca di Kabupaten Jember belakangan ini kembali tak menentu. Bahkan, pada Rabu (17/2/2021) kemarin, beberapa kecamatan diterjang angin kencang yang menyebabkan tumbangnya pohon-pohon di pinggir jalan. Untuk mengantisipasi potensi bencana saat cuaca tak menentu seperti sekarang, BPBD Jember menyiagakan sarana dan prasarana, termasuk para personel yang selalu sigap siaga.

Kepala BPBD Jember, Mat Satuki, Jumat (19/2/2021) siang menjelaskan, pihaknya memberlakukan status siap siaga bencana di internal, meskipun tidak ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK). Selain kesiapan relawan dan personel BPBD Jember di lapangan, masyarakat juga perlu berperan aktif mengantisipasi datangnya bencana.

Satuki mencontohkan, ketika Jember mulai diguyur hujan dengan intensitas lebat dan durasinya cukup lama, masyarakat perlu siap siaga dengan ancaman banjir. Untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat atas potensi bencana, pihaknya telah rutin membagikan informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui grup-grup Whatsapp.

Satuki menambahkan, berdasarkan pemetaannya, hampir seluruh Kecamatan di Jember punya potensi bencana. Potensi bencananya pun beragam, mulai dari tanah longsor , banjir, hingga angin kencang.(don)

Live Stream