Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

DORONG KEBANGKITAN EKONOMI, TIKET MASUK WISATA YANG DIKELOLA PEMKAB JEMBER GRATIS

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menggratiskan tiket masuk seluruh tempat wisata yang dikelolanya. Peniadaan biaya tiket masuk itu berlaku mulai 4 Mei 2022 di Pantai Papuma, Watu Ulo, Wisata Rembangan, dan Pemandian Patemon dalam momen Idul Fitri 1443 H. Untuk Pantai Watu Ulo, Wisata Rembangan, dan Pemandian Patemon berlaku pada 4 - 18 Mei 2022. Sedangkan khusus Pantai Papuma berlaku 4 - 10 Mei 2022, setelah ada kesepakatan dengan Perhutani selaku pemilik tempat wisata.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, pada Sabtu (30/4/2022) menyebut, tujuan penggratisan itu untuk membangkitkan animo masyarakat Jember agar kembali berwisata. Hal tersebut dinilainya dapat berefek baik. Dimana transaksi ekonomi akan tumbuh, baik di sepanjang perjalanan menuju tempat wisata maupun di tempat wisatanya. Sehingga, bisa melahirkan pasar baru di masyarakat.

Hendy melanjutkan, perihal keamanan wisatawan terutama di pantai, pihaknya sudah memasang larangan berenang di titik-titik yang berbahaya. Selain itu, tim gabungan dari TNI, Polri, dan lintas sektoral lainnya juga dilibatkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Pihaknya berharap, penggratisan itu juga bisa merangsang bangkitnya sektor pariwisata di Jember. Seiring dengan kasus Covid-19 yang terus terkendali. Hendy menambahkan, pantai semestinya bisa dimasuki masyarakat secara gratis. Oleh karena itu, melalui kebijakan peniadaan biaya tiket masuk selama sepekan, akan dijadikan Pemkab Jember sebagai pembuktian. Bahwa objek wisata pantai bisa tetap mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya meski tiket digratiskan. Yakni dengan mengandalkan sektor lain, seperti retribusi UMKM dan sebagainya.(don/adp)

Live Stream