Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

HARGA BERAS MELAMBUNG PETANI TAK NIKMATI UNTUNG

Tingginya harga beras beberapa pekan terakhir ternyata tak berbanding lurus dengan harga gabah petani. Ditengah melambungnya harga beras, petani di Jember justru mengeluhkan turunnya harga gabah.

Ketua Asosiasi Petani Pangan Indonesia (APPI) Jatim, Jumantoro, Jumat (1/3/24) menyampaikan, harga gabah di tingkat petani yang mulai panen justru mengalami penurunan.

Untuk padi jenis legowo misalnya, harga gabah di tingkat petani saat ini dari Rp6.000-Rp6.100 per kilogram. Beberapa minggu yang lalu harga tertinggi mencapai Rp7.300. Kemudian untuk padi jenis IR harga saat ini berkisar Rp6.000-Rp6.500. Padahal sebelumnya berkisar Rp7.800-Rp8.000.

Karenanya APPI meminta pemerintah lebih memperhatikan petani dalam negeri. Dirinya mendorong pemerintah menaikan HPP gabah yang sampai sekarang hanya dipatok Rp5.000 saja.

Serta mengharap peran pemerintah hadir menjaga stabilitas harga yang sama-sama menguntungkan. Agar petani lebih semangat menanam padi dan generasi muda tidak meninggalkan sektor pertanian.(thn)

Live Stream