Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

HINGGA APRIL 2024, TUJUH ORANG MENINGGAL DI JEMBER AKIBAT DBD

Hingga bulan April 2024 Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember mencatat ada tujuh orang meninggal dunia akibat terserang Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kadinkes Jember dr. Hendro Soelistijono, Kamis (18/4/24) mengatakan, kasus demam berdarah selama bulan April mengalami penurunan semenjak terjadi lonjakan besar pada bulan Maret.

Selama dua minggu awal bulan April, Dinkes mencatat hanya ada 127 kasus demam berdarah. Bila ditotal sejak Januari maka ada 3.300 kasus suspek demam berdarah atau demam dengue. Sedangkan yang terkonfirmasi DBD sebanyak 957 orang.

Lebih lanjut, Hendro menuturkan, selama bulan April ini dari 127 kasus, hanya ada satu orang yang meninggal akibat DBD. Bila melihat dari total kasus mencapai 3.300 dengan angka kematian 7 orang, persentasenya sangat kecil hanya 0,2 persen untuk kasus fatalitynya di Jember.

Upaya pencegahan seperti pemberian fogging juga diberikan oleh Dinkes. Berdasarkan permintaan warga, petugas Puskesmas akan turun untuk melakukan penyelidikan epidemiologi sebelum memberikan fogging.

Setelah dipastikan banyak sarang nyamuk di tempat tersebut barulah dilakukan fogging. Tidak selalu permintaan fogging semata-mata langsung dilakukan di tempat tersebut. Mengingat tingginya mobilitas masyarakat, bisa jadi seseorang terjangkit demam berdarah saat berada di luar lingkungan tempat tinggalnya.(thn)

Live Stream