Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

JEMBER DAPAT PENGHARGAAN KABUPATEN PEDULI HAM 2021, PEMKAB KOMITMEN TINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT

Kabupaten Jember kembali menerima penghargaan di tahun ini. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI menganugerahi Jember sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2021. Penghargaan itu diterima langsung oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto, pada Senin (12/12/2022) di Jakarta. Peringatan Hari HAM Sedunia ke-74 dengan tema “Pemajuan HAM untuk Semua Orang Menuju Indonesia Maju” pada 10 Desember lalu, menjadi momen pemberian apresiasi.

Kabupaten Jember dinilai menjadi bagian dari pemenuhan HAM di daerah dengan berbagai kriteria penilaian. Mulai dari hak atas bantuan hukum, informasi, turut serta dalam pemerintahan, keberagaman dan pluralisme, kependudukan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, lingkungan yang baik dan sehat serta perumahan yang layak, juga hak perempuan dan anak.

Hendy menyampaikan, pihaknya bersyukur dan bahagia saat Jember dinobatkan menjadi salah satu Kabupaten peduli HAM. Hal tersebut menunjukkan adanya semangat dari seluruh stakeholder dan masyarakat untuk menegakkan HAM. Menurutnya, setiap manusia hidup punya hak bermacam-macam dari banyak sisi seperti parameter penilaian yang diberikan Kemenkumham. Sehingga, pelayanan pun harus diberikan kepada semua orang tanpa pandang bulu, karena mereka punya hak yang sama.

Meski demikian, Hendy mengaku masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Pihaknya akan lebih intens dalam memberikan jangkauan layanan kepada masyarakat yang berada di daerah pinggiran. Selain itu juga akan menciptakan lingkungan bersih di daerah pinggiran hingga layanan pendidikan yang memadai.(rex)

Live Stream