Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

JUMLAH PEMILIH DI JEMBER BERKURANG 7 RIBU ORANG, INI PENYEBABNYA

KPU Jember mengumumkan hasil perbaikan dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilu 2024 di Kabupaten Jember berkurang sebanyak 7.296 orang. Angka ini berdasarkan rapat pleno terbuka di Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember, Jumat malam (12/5/23). Sebelumnya KPU mengumumkan DPS Jember sebanyak 1.985.725 orang, kemudian DPSHP menjadi 1.978.429 orang.

Komisioner KPU Divisi Data dan Informasi Ahmad Hanafi, Sabtu (13/5/23) mengatakan, perubahan DPS tersebut karena adanya pencoretan pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) karena meninggal. Namun lebih banyak karena pencoretan pemilih ganda lintas kabupaten, propinsi, bahkan pemilih ganda dengan pemilih luar negeri.

Hanafi menuturkan, kemungkinan jumlah pemilih tersebut masih akan berkurang karena data pemilih ganda dengan pemilih lokasi khusus di beberapa lapas dan beberapa pondok pesantren masih akan disesuaikan.

Untuk penambahan pemilih baru yang terdata hasil perbaikan hanya 911 orang. Ada beberapa dari mereka yang betul-betul pemilih baru, dan beberapa pemilih pindah domisili dari luar Jember.

Data tersebut masih akan terus berubah hingga nanti diumumkan DPSHP akhir dan ditetapkan menjadi DPT. Menurut Hanafi, dari hasil DPS perbaikan itu petugas menemukan pemilih baru, namun juga menghapus pemilih yang sudah meninggal dunia dan pindah domisili.(thn)

Live Stream