Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

KEJAR PERSIAPAN PORPROV JATIM 2022, ANGKUTAN WISATA DI JEMBER BERBENAH

Jember yang menjadi salah satu tuan rumah perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2022, terus berbenah. Salah satunya memaksimalkan angkutan wisata. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, Agus Wijaya kepada K Radio, menjelaskan bahwa pihaknya telah memberikan pelatihan pemberdayaan dan paduan teknis kepada para supir.

Agus melanjutkan, para supir angkutan wisata juga mendapatkan wawasan untuk meningkatkan potensi wisata serta pelayanan. Mekanisme pelatihan ini bersinergi dengan ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies). Selain itu, pihaknya juga berencana memperbaiki angkutan kota (angkot) agar menjadi contoh transportasi umum yang baik untuk tur wisata. Diharapkan angkutan umum tersebut nantinya bisa memenuhi kebutuhan para atlet, kontingen, hingga wisatawan.

Konsep angkutan wisata yang ditawarkan saat Porprov nanti menurut Agus adalah city tour yakni menjangkau wilayah perkotaan. Namun tidak menutup kemungkinan akan menyisir hingga ke pondok pesantren di ujung wilayah Jember, seperti Tanggul dan Sumberjambe untuk memaksimalkan potensi wisata religi.

Agus menambahkan, angkutan wisata berbasis lin kuning akan tetap menyesuaikan kapasitas maksimal 10 penumpang. Namun ada perbedaan tarif serta jam operasional yang masih menunggu keputusan dari ASITA. Sementara untuk pemaksimalan bus wisata edukasi saat gelaran Porprov, masih dalam proses komunikasi dan koordinasi.(ian)

Live Stream