Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

KPW BI JEMBER SIAPKAN RP 1,8 TRILIUN UANG KARTAL DI MOMEN NATARU

Menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jember menyiapkan kebutuhan uang kartal untuk masyarakat. Wilayah kerja KPw BI Jember yang mencakup 5 Kabupaten, yakni Situbondo, Bodowoso, Banyuwangi, Jember dan Lumajang ini menyiapkan sebanyak Rp 1,8 triliun. Jumlah tersebut di atas perkiraan kebutuhan di wilayah kerja KPw BI Jember, yakni Rp 1,2 triliun. Hal itu diungkapkan Deputi Kepala Perwakilan Tim Implementasi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah serta Manajemen Industri (SP-PUR MI) Bank Indonesia Jember, Edy Parwoto, Jumat (24/12/2021).

Edy menjelaskan, permintaan uang kartal di momen Nataru tahun ini tidak terlalu banyak. Bahkan, mengalami penurunan hingga 38,5 persen jika dibandingkan tahun lalu. Ada beberapa faktor penyebabnya, yakni akibat mobilitas masyarakat yang masih terbatas meski kondisi tren kasus Covid-19 telah melandai. Selain itu, situasi ekonomi yang terdampak pandemi juga membuat daya beli masyarakat belum sepenuhnya pulih.

Namun di sisi lain, Edy menyampaikan, penurunan juga disebabkan adanya pergeseran dari transaksi tunai ke non tunai. Pihaknya mencatat transaksi non tunai yang cukup signifikan. KPw BI Jember memperkirakan di tahun 2021 ini, mampu melayani kebutuhan uang sebanyak Rp 11 triliun. Dari data terakhir, pihaknya mencatat sebanyak Rp 10,5 triliun sudah dikeluarkan untuk masyarakat.(rex)

Live Stream