Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

LAMPAUI CAPAIAN NASIOAL, DISPENDUKCAPIL JEMBER TARGETKAN 75% KEPEMILIKAN KIA HINGGA AKHIR 2021

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember menargetkan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) mencapai 75% hingga akhir 2021. Salah satu upaya pemenuhan target itu melalui kerjasama dengan salah satu mall di Jember untuk pembuatan KIA pada 23 – 24 Desember 2021.

Tujuan gencarnya pembuatan KIA, untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak. Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti kepada K Radio, Kamis (23/12/2021), mengatakan bahwa kepemilikan KIA sangatlah penting. Selain menjadi identitas diri, KIA sebagai tanda bahwa anak telah memiliki akta kelahiran.

Santi melanjutkan, antusiasme dan kesadaran masyarakat Jember dalam pembuatan KIA sangat besar. Terbukti dengan total cakupan pembuatan KIA di Jember sebesar 51% dan melampaui cakupan target nasional yakni 30%.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Ani Setyaningsih. Menurutnya, Jember memang sudah melampaui target nasional dengan capaian 51%. Namun pihaknya terus berusaha menggenjot target 75% hingga akhir tahun yang tinggal beberapa hari lagi.

Pemilihan mall sebagai tempat pembuatan KIA bukan tanpa alasan. Menurut Manager Marketing dan Communication mall tersebut, Raditya Ariwibowo, mall merupakan tempat publik yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Ia pun melihat antuasiasme masyarakat sangat tinggi, bahkan pada 2 jam pertama pembukaan pelayanan, lebih dari 100 orang yang mengambil antrean. Jika sampai hari terakhir antuasiasme masyarakat semakin besar, maka pihaknya bersama dispendukcapil akan terus bekerjasama untuk kegiatan serupa.(ibl)

Live Stream