Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

NAIKNYA HARGA MINYAK GORENG DAN TEPUNG, BERPENGARUH PADA PRODUKSI KERUPUK

Kenaikan harga beberapa bahan pokok masih menjadi perbincangan hangat hingga awal tahun ini di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jember. Hingga Kamis (13/1/2022), minyak goreng masih merajai secara signifikan kenaikan harga bahan pokok di Jember.

Dari pantauan K Radio di Pasar Tanjung Jember (PTJ), harga minyak goreng curah yang semula Rp 17.500, naik menjadi Rp 19.500. Sedangkan untuk minyak kemasan refill, dari harga yang sebelumnya tidak lebih dari Rp 30.000, sekarang mencapai Rp 40.000.

Salah satu penjual bahan pokok di PTJ, Fitri, membenarkan kenaikan harga minyak goreng tersebut. Ia juga mengungkapkan terkait pemberlakuan minyak kemasan terjangkau yang digaungkan pemerintah sejak 1 Januari lalu, tidak begitu berdampak. Menurutnya, kemasan terjangkau juga berpengaruh pada kuantitasnya, yang umumnya 2 liter menjadi 1,8 liter.

Selain minyak goreng, 2 harga bahan pokok lain yang masih tinggi adalah tepung dan biji-bijian seperti kacang. Naiknya harga tepung dan minyak goreng ini akan menyebabkan tersendatnya produksi kerupuk kemasan ataupun peningkatan harga.(ibl)

Live Stream