Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

NEKAT EVAKUASI TANPA TUNGGU DAMKAR, 3 WARGA JEMBER TERKENA SEMBURAN ULAR COBRA

3 warga Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Patrang, terkena patukan dan semburan bisa ular yang diduga jenis cobra. Peristiwa itu bermula saat Lamidi, mendapati ular di rumahnya pada Selasa (04/01/2022) pagi. Ia pun langsung berupaya membuang ular tersebut tanpa menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jember. Naas, ia justru terkena patukan dan semburan bisa dari ular tersebut.

Lamidi kemudian menghubungi keponakannya, Muslih untuk membantunya. Sayangnya, Muslih juga mengalami nasib yang sama. Kemudian tetangga Lamidi, yakni Rio, juga berupaya mengevakuasi ular tersebut namun tidak berhasil dan malah dipatuk serta disembur ular tersebut. Barulah warga menghubungi petugas Damkar.

Menurut Komandan Regu Damkar Jember, Dwi Atmoko, saat petugas datang, kondisi 3 korban dalam keadaan sakit. Ular cobra sepanjang 1,5 meter itu memang cukup ganas. Beberapa kali petugas yang melakukan evakuasi pun terkena patukan dan semburan bisa beracun. Namun, mereka selamat karena menggunakan alat pelindung diri sesuai standar.

Dwi menyebut, 3 warga yang terkena patukan dan semburan ular cobra langsung dilarikan ke RSD dr. Soebandi Jember karena kondisinya mengkhawatirkan. Semburan bisa terkena pada bagian mata mereka dan beruntungnya segera mendapat pertolongan medis. Dari kejadian ini, pihaknya mengimbau warga agar berhati-hati jika mendapati hewan seperti ular atau tawon di rumah. Sesuai regulasi, pihaknya juga dapat melakukan evakuasi ular dan tawon serta menyelamatkan hewan yang terjebak di tempat tertentu seperti sumur secara gratis.(adp)

Live Stream