Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

OBATI KERINDUAN KAMPUNG HALAMAN, MAHASISWA PATTANI THAILAND DI JEMBER GELAR PASAR RAMADAN

Menjalani bulan Ramadan jauh dari kampung halaman, membuat sejumlah perantau rindu akan suasana khas tempat asalnya. Tak terkecuali para mahasiswa asal Pattani, Thailand yang menempuh pendidikan di Jember. Mereka harus menjalankan ibadah puasa bahkan menghabiskan waktu lebaran di perantauan.

Untuk mengobati kerinduannya, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pattani Indonesia (HMPI) di Jember mengadakan pasar ramadan. Ketua HMPI di Jember, Maruwan Wanni, kepada K Radio, menyampaikan pasar ramadan tersebut sebenarnya tidak fokus pada bisnis atau berjualan. Melainkan, nuansa Ramadan di Pattani yang ingin mereka hadirkan di tempat perantauan lewat berbagai hidangan khas Thailand. Sehingga mereka bisa merasakan suasana layaknya di kampung halaman.

Menurut Maruwan, berbagai hidangan khas Pattani tersedia, seperti roti canai, roti maryam, dan roti milo. Selain itu, ada juga olahan mi, mulai dari yum mama hingga mi kuah khas Thailand. Tidak ketinggalan, menu minuman khas Thailand juga ada, yakni thai tea, green tea, coco lawa dan neslo.

Maruwan menambahkan, pasar Ramadan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan pihaknya. Namun, memang lokasinya tidak selalu sama. Tahun ini, pasar ramadan diadakan di sekitaran Kampus UIN KHAS Jember. Pasar ramadan mahasiswa Pattani ini mulai buka pukul 21.00 – 23.00 WIB.(rex)

Live Stream