Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

PEMERHATI SEPAK BOLA JEMBER OPTIMISTIS INDONESIA BERPELUANG JUARAI FINAL AFF 2020

Indonesia berhasil lolos ke final Piala AFF 2020 yang digelar tahun ini. Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga pertama di final pada Rabu (29/12/2021) di stadion Nasional, Singapura.

Jika melihat ketiga kalinya Timnas Indonesia bertemu Timnas Thailand di Piala AFF, Pemerhati Sepak Bola Jember, Oryza A. Wirawan, mengatakan wajar jika Indonesia diposisikan sebagai underdog. Hal itu dikarenakan dari rekor catatan pertemuan Indonesia dan Thailand memang tidak menguntungkan.  Meski secara kapasitas, ia optimistis dengan Timnas Indonesia yang berhasil menunjukkan prestasinya di Semi final AFF 2020 saat mengalahkan Singapura.

Oryza melanjutkan, dari catatan rekor statistik, Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di Piala AFF dengan menghasilkan 18 gol. Meskipun juga sempat kebobolan 7 gol dari 6 pertandingan. Sementara Thailand offensive dengan 12 gol dari 6 pertandingan dan hanya kebobolan 1 gol. Otomatis, lini pertahanan Indonesia juga sangat rentan dibobol lawan.

Selain itu, Oryza melihat akan ada pertarungan penguasaan bola. Sebab, Thailand memiliki kecenderungan menguasai bola sebanyak mungkin. Selama pertandingan, Thailand berhasil menguasai bola sebanyak 63%. Sementara Indonesia rata-rata hanya mampu menguasai bola sekitar 51%.

Optimisme itu juga diamini oleh Pemerhati Sepak Bola Jember lain yang sekaligus Mantan Anggota Persid, Jaya Hartono. Meskipun Indonesia berulang kali mengalami kekalahan saat bertanding dengan Thailand, namun hal tersebut tidak bisa menjadi tolok ukur. Ia menyebut, permainan sepak bola terus berkembang dan maju. Sehingga Timnas Indonesia harus lebih mampu memotivasi diri.

Menurut Jaya, dari sisi permainan sejak ditangani oleh pelatih Shin Tae Young, Timnas Indonesia menunjukkan perubahan karakteristik tersendiri. Ada perpaduan antara kecepatan dan ball position yang cukup baik. Terkait pola permainan, ia yakin Indonesia mampu mengalahkan lawan. Kuncinya adalah disiplin pada posisi pertahanan, tidak mudah kehilangan bola, dan berani untuk mem-pressure diri.(ian)

Live Stream