Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

PT KAI DAOP 9 LUNCURKAN RUTE BARU KERETA API JEMBER-JAKARTA TANPA TRANSIT, NAMA KERETANYA SANGAT FAMILIAR

Per 1 Juni 2023 PT KAI Daop 9 Jember akan mengoperasionalkan Kereta Api (KA) Pandalungan relasi Jember – Jakarta. Rute tersebut merupakan rute perdana yang ditawarkan melalui jalur utama tanpa transit yang akan beroperasi.

Anwar Yuli Prasetyo, Plh Manager Hukum dan Humas PT KAI Daop 9, Kepada K Radio Selasa (16/5/23) mengatakan, dengan adanya KA Pandalungan ini masyarakat Jember yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta tidak perlu lagi berganti kereta. KA Pandalungan berangkat dari Stasiun Jember pukul 15.00 WIB dan tiba di stasiun Gambir Pukul 04.45 WIB dan akan melewati Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Semarang, Pekalongan, Cirebon sampai dengan Stasiun Gambir.

Penamaan KA Pandalungan sendiri terinspirasi dari masyarakat di Tapal Kuda yang mayoritas adalah suku Jawa dan Madura. Perpaduan dari dua suku tersebut melahirkan asimilasi budaya yang disebut Pandalungan. Dengan memberikan nama Pandalungan harapannya bisa mudah diingat karena familiar khususnya untuk masyarakat di wilayah Tapal Kuda atau masyarakat Pandalungan.

Anwar menambahkan, untuk saat ini tiket KA Pandalungan sudah tersedia. Masyarakat dapat memesan tiket melalui aplikasi KAI Access atau di KAI.id, dimana tiket tersebut dapat dipesan dari H-30 keberangkatan. Jumlah ketersediaan tiket perharinya sebanyak 400 tempat duduk. Ini sesuai dengan rangkaian gerbong yang dibawa KA Pandalungan sekali keberangkatan, yakni 8 rangkaian gerbong eksekutif yang memiliki kapasitas 400 tempat duduk.

Dan untuk semakin menambah minat masyarakat, Anwar melanjutkan, pihaknya menyediakan tarif promo KA Pandalungan sebesar Rp300.000 dengan periode promo 1-30 Juni 2023. Jumlah tiket promo yang disediakan ini sangat terbatas sehingga calon penumpang disarankan untuk mengecek melalui aplikasi KAI Access sebelum kehabisan. (raf)

Live Stream