Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

REMAJA 16 TAHUN DI JEMBER MELAHIRKAN TANPA BANTUAN MEDIS DI RUMAH KOSONG, INI TANGGAPAN DINKES

Kasus melahirkan pribadi kembali terjadi di Kabupaten Jember. Seorang remaja berusia 16 tahun nekat melahirkan secara mandiri di sebuah rumah kosong di area Perumahan Grand Puri Bunga Nirwana, Kecamatan Sumbersari pada Selasa (27/2/24). Kepala Dinas Kesehatan Jember, Hendro Soelistijono, saat dikonfirmasi K Radio Kamis (28/2/24) membenarkan kejadian tersebut.

Menurutnya, saat ini kondisi ibu dan anak sehat, serta sudah ditangani oleh Puskesmas Sumbersari untuk perawatan lebih lanjut.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan DP3AKB dan Dinsos untuk melakukan pendampingan dan melakukan tindakan persuasi ke rumah orang tua wanita tersebut.

Menurut Hendro, secara fisiologi seorang perempuan mampu melahirkan secara mandiri. Namun pada kasus-kasus tertentu sisa placenta tidak lepas sempurna dari rahim yang berpotensi terjadi pendarahan cukup banyak. Sehingga melahirkan secara mandiri dinilai sangat berisiko jika tidak ditangani oleh ahli.

Ia mengimbau kepada masyarakat terutama kepada orang tua untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak terjerumus pergaulan bebas. Karena jika usia ibu masih belum siap untuk melahirkan, maka akan beresiko ke ibu dan anak yang dilahirkan. (raf)

Live Stream