Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

RSD DR. SOEBANDI JEMBER PERDANA LAKUKAN OPERASI PEMBUATAN ANUS PADA BAYI

Rumah Sakit Daerah (RSD) dr. Soebandi Jember melakukan operasi pembuatan anus untuk pertama kalinya pada dua bayi laki-laki dari Jember dan satu bayi perempuan dari Lumajang, pada Selasa (21/3/23).

Wakil Bupati Jember, KH. Muhammad Balya Firjaun Barlaman bersama Direktur RSD dr. Soebandi Jember, Lilik Lailiyah turut menyaksikan secara langsung proses operasi melalui monitor yang disediakan.

Wakil Bupati menyampaikan, ada bayi yang memang terlahir dengan kelainan tidak memiliki anus. Namun dengan perkembangan dunia kedokteran saat ini hal tersebut dapat ditangani.

Tindakan operasi pembuatan anus pertama yang dilakukan RSD dr. Soebandi ini dipimpin oleh dr. Fransisca Kusumo Widagdo didampingi oleh dokter dari RS dr. Soetomo Surabaya. Kehadiran dokter pendamping ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dokter, sehingga untuk tindakan kasus yang sama dikemudian hari sudah bisa dilakukan tanpa pendampingan.

Wabup menambahkan, dengan dilakukan operasi pembuatan anus mandiri di RSD dr. Soebandi Jember, maka pasien sudah tidak perlu dirujuk ke Surabaya. Tindakan operasi ini juga bisa dibiayai oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Direktur dr. Soebandi, Lilik Lailiyah, menjelaskan, ketiga bayi yang mendapat tindakan operasi pembuatan anus tersebut masing-masing berusia 6, 8, dan 18 bulan.

Ia mengatakan, operasi dilakukan dengan waktu secepat mungkin. Pertama, membuat kolon di perut, kemudian memastikan kondisi pasien, dan saat dipastikan kondisi sudah stabil akan dilakukan operasi pembuatan anus baru. Selanjutnya, jika anus sudah bisa berfungsi, maka operasi terakhir yang dilakukan adalah operasi untuk menutup dinding perut. Total tindakan operasi yang dibutuhkan untuk masing-masing pasien sekitar 6 jam.(put)

Live Stream