Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

SEBANYAK 774 CJH JEMBER MEMILIKI RIWAYAT HYPERTENSI

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember mencatat ada beberapa jenis penyakit yang diderita Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 2024. Dari total 2.687 CJH asal Jember, sejumlah 868 diantaranya berusia di atas 60 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Jember dr Hendro Soelistijono, Sabtu (27/4/24) menyampaikan, setiap kloter nantinya akan didampingi tiga petugas kesehatan, satu dokter dan dua orang nakes.

Pemeriksaan kesehatan awal telah dilakukan untuk memetakan orang-orang dengan risiko tinggi. Ketika dinyatakan layak berangkat nantinya akan diberikan catatan khusus terhadap jamaah tersebut. Surat keterangan dari Dinkes akan diserahkan kepada tenaga kesehatan di masing-masing kloter.

Obat-obatan secara lengkap juga telah disiapkan untuk pendampingan CJH selama di tanah suci.

Dinkes mengimbau kepada CJH Jember untuk selalu menjaga kesehatan. Termasuk dengan melakukan olahraga ringan peregangan otot dan mengonsumsi makanan bergizi. Serta istirahat yang cukup dan mengendalikan stress.

Karena selain mental secara spiritual yang kuat, dalam pelaksanaan ibadah haji juga dibutuhkan tubuh fisik yang kuat.

Menurut catatan Dinkes, sebanyak 774 orang CJH menderita hipertensi, dislipidemia 598 orang, diabetes mellitus 348 orang, cardiomegaly 147 orang, Hypertensive Heart Disease 102 orang, obesitas 54 orang, Penyakit Jantung Iskemik 54 orang, dan Gagal Jantung 29 orang.(thn)

Live Stream