Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

SELARAS DENGAN PEMPROV JATIM, BUPATI JEMBER TEPILIH SIAP PERKUAT SEKTOR PERTANIAN

Bupati Jember terpilih, Hendy Siswanto siap memperkuat hulu hingga hilir produksi pertanian di Jember. Hal ini selaras dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang juga ingin memperkuat sektor pertanian Jember.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo menyampaikan bahwa pihaknya akan meningkatkan nilai tambah petani di Jember. Caranya, Petani tidak hanya bertugas menanam saja, melainkan diajak untuk mengolah hasil pertaniannya sampai menghasilkan produk jadi.

Saat dikonfirmasi pada Rabu (24/2/2021) Hendy pun menyampaikan visi yang sama terkait sektor pertanian Jember ke depan. Ia ingin pertanian Jember tidak hanya unggul pada sektor hulu atau dengan kata lain pada komoditas pertaniannya saja. Tapi ia mau pertanian di Jember juga dikenal dan diperhitungkan dari sektor produk olahannya. Sehingga dengan memperkuat sektor hilir, diharapkan nantinya tidak ada lagi petani yang mengeluh soal harga gabah anjlok dan semacamnya.

Hendy mengambil contoh komoditas kopi di Jember yang setiap tahunnya menghasilkan ratusan ribu ton. Namun, karena sektor hilirnya belum maksimal, alhasil tidak ada merek produk kopi yang kuat. Untuk menjalankan rencana tersebut, di tahun pertama ia menjabat nantinya akan melakukan pendataan terhadap seluruh warga Jember. Sehingga pemerintah punya data konkret terkait kebutuhan dan potensi potensi warganya.(don)

Live Stream