Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

SIAP BERANGKAT 1.744 CALON JAMAAH HAJI JEMBER MENGIKUTI MANASIK

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jember melaksanakan bimbingan Manasik Haji Tahun 1444 H/2023 M yang diikuti sebanyak 1.744 calon jamaah haji reguler. Kegiatan manasik dilaksanakan di Aula Balai Serba Guna Jember, Senin (15/5/23).

Kepala Kemenag Jember, Akhmad Sruji Bahtiar menyampaikan, sebenarnya ada 2.600 orang calon jamaah haji yang akan berangkat haji pada tahun ini. Namun, yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) sekitar 2.060 orang.

Dari jumlah tersebut hanya sebanyak 1.744 orang diundang dalam bimbingan manasik haji, karena sisanya berstatus lunas namun mejadi calon cadangan. Ia menambahkan, bagi yang lunas cadangan belum tentu diberangkatkan tahun ini karena hal itu menjadi kewenangan provinsi.

Sementara itu, dalam laporan yang disampaikan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Jember, Mustain Billah, calon jamaah haji asal Jember akan diberangkatkan pada 13 Juni 2023 mendatang.

Ia menyebut, kegiatan bimbingan ini bertujuan untuk, pertama agar calon jamaah haji mengetahui dan memahami secara jelas kebijakan pemerintah dalam penyelanggaraan ibadah haji.

Kedua, meningkatkan kualitas pemahaman calon jamaah terhadap ibadah haji. Ketiga, meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah haji serta mengembangkan materi bimbingan ibadah, karena materi tersebut perlu dievaluasi untuk tahun-tahun berikutnya.(put)

Live Stream