Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

SIDAK PEDAGANG HEWAN KURBAN, DKPP JEMBER TEMUKAN TERNAK SAKIT

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Jember melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah titik penjual hewan kurban, Selasa (11/6/24) pagi. Petugas menemukan kambing dalam keadaan sakit di salah satu penjual hewan kurban di Jalan Teuku Umar, Tegal Besar, Kaliwates.

Kabid Keswan DKPP Jember, Elok Kristanti menjelaskan, pada saat dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah hewan ternak ditemukan seekor kambing yang sakit bagian mata karena infeksi.

Selanjutnya kepada pemilik diminta segera memisahkan kambing yang sakit karena dikhawatirkan dapat menular ke yang lain. Selain itu hewan yang sakit atau cacat tidak memenuhi persyaratan untuk dijadikan hewan kurban.

Namun demikian, lanjut Elok, secara keseluruhan kambing maupun domba yang dijual dalam keadaan sehat serta memenuhi persyaratan umur untuk hewan kurban. DKPP juga memberikan surat keterangan kesehatan hewan ternak kurban kepada para penjual.

DKPP mencatat, untuk ketersediaan ternak kurban baik sapi ataupun domba dan kambing mencukupi. Secara populasi di Jember, ada lebih dari 274 ribu ekor dan sekitar 500 ribu kambing dan domba. Biasanya kebutuhan untuk kurban sekitar 5 persen dari populasi tersebut.(thn)

Live Stream