Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

UBAH JELANTAH MENJADI SABUN, SOLUSI MENGATASI PENCEMARAN LIMBAH RUMAH TANGGA

Masih banyak orang yang membuang begitu saja minyak goreng bekas pakai atau jelantah ke selokan atau sungai. Padahal limbah minyak goreng ini jika dibuang sembarangan akan mengakibatkan pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi persoalan tersebut seorang ibu rumah tangga di Jember Bernama Vita memiliki ide kreatif  mendaur ulang jelantah menjadi sabun.

Kepada K Radio, Jumat (10/3/23), Vita menceritakan, berawal pada tahun 2019 lalu saat ia tertarik untuk belajar membuat sabun. Saat itu ia  mengikuti pelatihan membuat sabun dari jelantah. Dari situ Vita semakin tertarik untuk terus membuat sabun dari jelantah, mengingat ada banyak bahan baku jelantah di rumahnya sendiri, rumah saudara, dan rumah tetangga.

Menurutnya, jelantah termasuk salah satu limbah yang berbahaya. Dan sangat tidak disarankan membuang jelantah langsung ke saluran air ataupun ke tanah.

Vita  menjelaskan, sabun dari bahan jelantah ini bisa  digunakan untuk mencuci piring dan baju. Minyak jelantah berasal dari minyak nabati, sehingga sabun yang dihasilkan berbeda dengan sabun yang biasa dipakai, yang mengandung SLS dan ternyata susah diurai oleh alam.

Ia berharap, akan ada semakin banyak masyarakat yang bisa mengolah sendiri limbah rumah tangganya. Sehingga tidak ada lagi rumah tangga yang membuang limbah atau sampah yang hanya akan mengakibatkan pencemaran lingkungan.(put)

Live Stream