Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

WABUP JEMBER RESMIKAN KEBUN BUAH TIN, BUAH DARI SURGA

Pemkab Jember meresmikan Taman Edukasi Jember Tin Garden (JTG) yang berada di jalan Panjaitan, Sumbersari pada Kamis (23/11/23). Peresmian ditandatangani oleh Wakil Bupati Jember MB Firjaun Barlaman.

Lelaki yang sering disapa Gus Firjaun ini menyatakan kebanggaannya terhadap upaya yang dilakukan salah satu dosen Universitas Jember berhasil mengembangkan budidaya tanaman buah tin.

Gus Firjaun menyatakan, Pemkab siap memberikan dukungan dengan mengkolaborasikan Dinas TPHP dengan JTG untuk pengembangan. Sedangkan untuk pemasaran, pemkab bersedia membantu melalui Disperindag.

Bukan tanpa alasan, Gus Firjaun berharap keberadaan kebun buah tin dapat dijadikan salah satu trademark Jember kedepannya.

Menurutnya, potensi kebun buah tin ini sangat luar biasa. Hanya membutuhkan beberapa sentuhan pengembangan dan perluasan. Karena produk turunannya juga sudah banyak. Mulai dari ekstrak untuk minuman, makanan ringan, hingga dalam bentuk kapsul.

Lebih jauh Pemkab mendukung perluasan pembentukan desa atau kecamatan percontohan untuk budidaya buah tin. Bila hal ini berhasil dilakukan, tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat Jember.

Harga buah tin saat ini masih cukup tinggi di pasaran mencapai Rp 200.000 per kilogramnya. Buah tin dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengontrol tekanan darah, menormalkan kadar asam urat, mengontrol kadar gula darah, hingga membersihkan paru-paru.

Meski mengandung banyak manfaat untuk kesehatan jenis tanaman ini dikenal cukup sulit untuk dibudidayakan. Karenanya hingga kini masih terbatas budidaya yang berhasil.

Di JTG sendiri setidaknya ada lebih dari 200 tanaman buah tin yang ditanam diatas lahan sekitar 700 meter persegi. Kebun buah tin juga menjadi tempat edukasi bagi para siswa. Mereka diajak mengenali tanaman yang sering disebutkan dalam kitab suci Al Quran secara langsung.(thn)

Live Stream